Halo kembali lagi di blog kernetbus.com kali ini mimin akan berbagi pengalaman tentang perjalanan mimin kemarin dari Solo menuju Ke Jakarta menggunakan bus double decker Putera Mulya angkatan Pagi.

Perjalanan diawali dari Kota Magelang dini hari, kenapa dini hari? karena bus yang akan mimin naiki keberangkatannya jam 07.00 pagi.

Magelang Ke Yogyakarta

Cuss dari Kota Magelang jam 02.00 pagi naik sepeda motor menuju ke Terminal Giwangan Yogyakarta. Tiba di Giwangan jam 03.15 lalu mimin titipkan di penitipan motor sekitar terminal.

Yogyakarta ke Solo

Dari sinilah perjalanan dimulai, pukul 03.40 terlihat bus Mira jurusan Surabaya yang akan berangkat, ga pake lama mimin langsung naikin bus tersebut, biasanya nungguin armada dibelakangnya apa ya apa ya? masih pilih-pilih armada hehehe, tapi kali ini mimin gamau ketinggalan bus DD Putera Mulya jadi ga kebanyakan babibu langsung naik saja dan turun di Terminal Tirtonadi Solo. 🤣

Bus Mira pun berangkat, dengan tidak meninggalkan ciri khasnya sebagai bus jawatimuran, bus ini pun melaju dengan cepat. Tarikan dan raungan mesin yang joss, dengan kondisi jalanan yang masih sangat sepi jadi untuk perjalanan menuju ke Solo dari Yogyakarta ga butuh waktu lama, hanya sejam saja. Kalau kesiangan sedikit saja, udah auto 2 jam untuk perjalanan pendek Jogja-Solo hehehe.

Tiba di Solo

04.45 Tiba di Terminal Tirtonadi Solo, ternyata masih selisih 2 jam dari jadwal keberangkatan, akhirnya mimin putuskan untuk pergi mencari ke masjidnya Terminal Tirtonadi untuk melaksanakan ibadah Sholat Shubuh. Masjidnya sangat nyaman buat ibadah, bersih, busa busa mimin ketiduran ini di dalem masjid wkwk karena jujur waktu itu masih ngantuk banget hehehe.

Agen Bus Putera Mulya di Terminal Solo

05.35 mimin menuju ke agen bus untuk menukarkan tiket yang saya pesan melalui aplikasi booking tiket bus online RedBus. Baca: Cara mendapatkan tiket gratis di RedBus.

Setelah ke loket, ternyata disuruh nungguin langsung di shelter keberangkatan, nanti petugasnya akan kesana. Oke sayapun berangkat menuju ke shelter. Dari kejauhan terlihat 4 bus double decker, 3 dari PO Putera Mulya, 1 dari PO Agra Mas.

Setelah puas melihat-lihat bus disana, mimin langsung menuju ke shelter keberangkatan bus Double Decker, dan tibalah bus double decker yang akan berangkat. Bus dengan nomor lambung DD 01 lah yang akan bertugas di hari itu.

Bus Putera Mulya dengan balutan Body Jetbus SDD dari Karoseri Malang yaitu Adiputro terlihat sangat gagah dan sangar. Belum lagi dapur pacunya Scania K410, salah satu sasis premium di Indonesia, yang pasti sudah air suspension ya hehehe.

Jadwal Keberangkatan Putera Mulya Keberangkatan Pagi

Jam 07.00 tepat bus mulai berangkat dari Terminal Tirtonadi Solo, Perjalanan pun dimulai dengan menyusuri kota Solo. Sajian awal snack dan air mineral gelas yang dibungkus kardus pun diberikan satu persatu oleh kondektur bus Putera Mulya kepada para penumpangnya.

Harga Tiket Bus Double Decker Putera Mulya

Oh ya bagi yang penasaran berapa harga tiketnya? Karena mimin memilih deck atas, tiketnya sekitar 195.000, namun enggak tahu kenapa di redbus harganya 225.000, sangat jauh berbeda harga tiketnya. biasanya kalau beli online enggak jauh beda harganya. Sedangkan untuk deck bawah sekitar 235an. perbedaannya hanya di kursi saja, deck bawah lebih tebal sedangkan deck atas tebal juga namun standard untuk kelas bus executive hehehe.

Fasilitas Bus Double Decker Putera Mulya

Dilengkapi dengan Avod disetiap kursi, temen-temen busa menikmati berbagai macam film dan lagu disini, tinggal colok headset dan mainkan filmnya hehehe. Dengan begitu perjalanan tidak akan terasa membosankan. Namun sayangnya kemarin sebagian avod ada yang tidak busa diputar.

Bagi mimin itu tidak menjadi masalah karena tujuan mimin hanya pengen bus2an saja hehehe. Jadi fitur avod tidak begitu penting, yang terpenting menikmati perjalanannya, (gaya, padahal sepanjang perjalanan tidur, hahaha).

Rumah Makan Bus Double Decker Putera Mulya

Untuk tiket kali ini sudah termasuk kupon makan di Rumah Makan ya temen-temen, di Rumah Makan Raos Eco Gringsing Batang. Pada trip ini, mimin tiba di Rumah Makan ini sekitar jam 10.00an. Setiba disana langsung gas ke ruang makannya hehehe, karena mimin dari semalem ga makan waktu itu. Untuk menunya prasmanan ya temen-temen, cukup enakkk dan banyak variasinya, menurut mimin udah lebih dari cukup lah buat ngeganjel perut mah.

Tujuan Bus Double Decker Putera Mulya

Ohya temen-temen, untuk bus double decker ini memiliki tujuan akhir di terminal Pulogebang Jakarta. Kalau temen-temen bisa juga kok turun di Cikarang, dan juga Bekasi timur. Kebetulan mimin kemarin aslinya tujuannya Pulogebang, namun tidak jadi dikarenakan mimin ketinggalan bus arah sebaliknya, jadi memutuskan untuk turun di Bekasi Timur aja deh, dan nyari-nyari bis lagi.

Oh ya ini trip tektok yaa, jadi mimin berangkat nih, begitu tiba, langsung cari bus arah balik lagi. Orang suka bus mah gitu wkwkwk, terkadang suka dikatain aneh sama orang-orang. Karena nyampe tujuan cuma mampir di Indomaret doang buat beli aer minum, terus balik lagi, haha

Catatan Perjalanan dengan Double Decker Putera Mulya

Berikut ini merupakan catatan perjalanan yang mimin catat pada perjalanan tanggal 10 November 2019 kemarin

  • 07.00 Start Terminal Solo

  • 07.30 Terminal Kartasura

  • 07.39 GT Colomadu

  • 08.11 Terminal Salatiga

  • 09.05 Agen Krapyak Semarang (Siliwangi)

  • 10.00 Rumah Makan Raos Eco Gringsing

  • 10.21 Out Raos Eco

  • 11.15 Melintasi Exit Pemalang

  • 14.00 Macet sekitaran Karawang-Cikarang

  • 15.32 Finish Bekasi Timur.

Total perjalanan Solo-Bekasi Timur 8,5 jam full melewati tol Trans Jawa sudah termasuk bonus macet di jalanan wkwk.

Info Agen Bus Putera Mulya Solo

Ohyaa temen-temen busa menghubungi nomor di bawah ini untuk pemesanan tiket melalui whatsapp, khususnya wilayah Solo.

WA 0812-4543-9033

CP 0822-2761-2511

Itu aja temen-temen informasi trip report si DDnya Putera Mulya kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke social media milik temen-temen ya!! Selamat mencoba!!