Halo gaes balik lagi di blog kernetbis.com, kali ini saya akan membahas seputar bagaimana cara pesan tiket bus online melalui aplikasi tiket bus online asal India yaitu redBus.

Berawal dari India, redBus memulai usaha pemesanan tiket online untuk transportasi bus, kini mengembangkan kiprahnya di ranah internasional dengan membuka layanan yang sama di negara kita, yaitu Indonesia.

Meskipun tergolong masih baru, perusahaan redBus sendiri sudah bekerja sama dengan cukup banyak perusahaan bus reguler di Indonesia.

Halaman Utama Website redBus

Sekitar beberapa tahun tahun yang lalu(2016-2018) saya ingat betul redBus masih sedikit banget operator bus yang diajak kerjasama, sehingga saya cukup menyesalkan hal ini. Namun seiring berjalannya waktu ternyata kegelisahan itu terpenuhi, karena Alhamdulillah semakin banyaknya operator bus yang bekerjasama dengan redBus, sehingga customer seperti saya atau temen-temen dapat memilih armada yang bervariatif dan tidak terkesan itu-itu saja, karena sangat disayangkan jika kemudahan layanan online, kok variasi armadanya sedikit hehehe.

Bersyukur banget layanan tiket bus online seperti redBus mulai dilirik oleh PO-PO besar dan pada akhirnya bekerjasama, saya yakin banget okupansi penumpang online jauh lebih besar daripada offline, karena di jaman serba cepat seperti ini, banyak banget kaum-kaum rebahan yang butuh disupport hal tersebut, seperti saya hehe, jadi untuk pesan tiket nggak harus ke loket dulu, harus ke terminal dulu, yang mestinya waktu memesan tiket offline tersebut bisa digunakan untuk hal lain.

Tutorial Pesan Tiket Bus di RedBus.ID

  1. Install Aplikasi

    Install Aplikasi redBus terlebih dahulu, sudah tersedia versi Android dan juga IOS di Play Store dan App Store.

  2. Daftar Akun Baru / Login Akun

    Silahkan daftar terlebih dahulu jika belum mempunyai akun, gunakan kode referensi saya untuk mendapatkan saldo tambahan sebanyak 80.000, berikut kodenya: redb3uvyt.

    Pendaftaran redBus

    Kalau nggak pakai kode gimana mas? Ya bisa saja, tapi temen-temen nggak dapat benefit saldo tambahan, kan sayang tuh hehehe. Ikuti panduan gambar diatas, centang saya memiliki kode referensi. Baca: Akas Asri Jember-Jakarta

  3. Pilih Titik Keberangkatan dan Tanggal Keberangkatan

    Saya anggap temen-temen sudah mendaftar nih, udah pada login. Sekarang step selanjutnya yaitu pilih rute keberangkatan dan tujuan yang temen-temen inginkan. Contoh: Kudus Ke Jakarta

    Cara Pesan Tiket di redBus

    Setelah itu pilih tanggal, dan klik tombol proses.

  4. Pilih Operator Bus Yang Hendak Dinaiki

    Disini temen-temen akan memilih PO bus yang hendak temen-temen naiki, adapun Perusahaan Bus yang bekerjasama dengan redBus sendiri berbagai macam jenisnya. Dari segi kualitas armada, fasilitas, service makan, dan waktu tempuh, juga banyak perbedaan.

    Menu Pilih Operator Bus di redBus

    Jika teman-teman tergolong baru atau baru pertama kali naik bus, saya sarankan cari referensi tentang armada yang akan dipilih di YouTube terlebih dahulu. Karena review pelanggan redBus sendiri belum cukup membantu customer dalam pemilihan armada, kemungkinan ini jadi PR buat pihak redBus sendiri. Mengingat PO yang diajak kerjasama oleh redBus belum sepenuhnya PO-PO yang dalam tanda kutip “good service”. Disini temen-temen harap hati-hati hehehe, kecuali yang sudah berpengalaman naik bus beberapa kali. Tapi nggak banyak kok, cuman sedikit aja, jadi gausah khawatir dalam milih armada.

  5. Pilih Kursi

    Pilih kursi yang temen-temen inginkan, kalau suka di depan monggo didepan. kalau suka di tengah monggo juga, pokonya sesuaikan keinginan teman-teman hehehe.

    Menu Pilih Kursi di Aplikasi Tiket Bus

    Sekedar informasi, kalau ada kursi CD CB itu artinya kursi disamping kernet dan pak sopir.

  6. Pilih Titik Kota Asal dan Kota Tujuan

    Selanjutnya silahkan pilih titik keberangkatan dan tujuan temen-temen, sedikit tips untuk titik keberangkatan kalau bisa cari titik keberangkatan yang terdekat dari lokasi temen-temen saat ini. Hal ini bertujuan biar enggak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti macet.

    Pemesanan Tiket Bus di RedBus

    Untuk program refund tiket karena keterlambatan temen-temen sendiri, redBus enggak memberikan kompensasi dikarenakan itu murni kesalahan dari temen-temen, karena biasanya sudah diberikan peringatan, datang 45 menit sebelum jadwal keberangkatan, misalnya.

  7. Isi Identitas.

    Pemesanan Tiket RedBus

    Disini teman-teman dihadirkan formulir identitas penumpang, seperti Nama, No HP, Umur, untuk keperluan manifest ketika keberangkatan. Usahakan data yang temen-temen berikan valid ya terutama nomor hp, penting sekali jika terjadi masalah pada hari keberangkatan, misalnya saat pihak Bus hendak koordinasi jadwal kumpul di titik keberangkatan, keterlambatan armada, dll

  8. Metode Pembayaran

    Step selanjutnya yaitu pemilihan metode pembayaran. Metode pembayaran yang disediakan oleh RedBus sendiri juga cukup banyak pilihannya, tinggal pilih.

    Metode Pembayaran redBus

    Buat yang belum punya rekening bisa manfaatkan dompet digital ovo/gopay, atau pembayaran via alfamart.

    Saya sendiri lebih prefer ke transfer bank tapi yang virtual account, karena enggak perlu bukti transfer pembayaran langsung bisa otomatis terkonfirmasi.

Setelah proses itu selesai, Ikuti instruksi dari redBus, cek email untuk mendapatkan file e-ticket, berupa pdf biasanya, lalu silahkan didownload.

Itu nantinya yang akan jadi bukti saat hendak naik bus pada hari H di titik keberangkatan. Disarankan untuk print e-ticket untuk mempermudah pengecekan saat di hari H. Contohnya seperti gambar di bawah ini

Contoh e-ticket redBus

Adapula yang enggak perlu e-ticket, namanya m-ticket (mobile ticket), biasanya di sms ke nomer pelanggan. Di sms tersebut tertera kode tiket dan berikan kode tersebut kepada petugas/agen po terkait.

Jadi guampang banget pesen online di redBus itu, gausah bingung yg penting kita udh bayar terus dapet bukti tiket tersebut udah itu aja.

Yah sekian pembahasan seputar tutorial pesan tiket bis di aplikasi redBus, semoga bermanfaat dan jangan lupa cek artikel lainnya: naik bus Solo-Jakarta angkatan pagi